lagu

Laman

Selasa, 29 Januari 2013

Komunikasi




1.    Pengertian
Komunikasi adalah penyampaian pesan sedemikian rupa sehingga diterima yang diinginkan        si pengirim.


2.   Bagaimana Proses Komunikasi Berlangsung?
1)     Ada si pengirim pesan (komunikator) :   mempunyai pesan berupa ide/gagasan yang ingin disampaikan kepada komunikan.
2)    Ada pesan yang disampaikan               :  yang dirumuskan dalam bentuk kata-kata/kalimat.
3)    Ada si penerima pesan (komunikan)    :  menerima pesan melalui mendengarkan, memperhatikan/melihat/membaca.
4)    Ada faktor-faktor yang mempengaruhi pesan, seperti pesan kurang jelas, suara berisi, dll.

3.   Komunikasi efektif? Jadilah Pembicara Asertif!
Ada 3 macam perilaku berbicara dalam berkomunikasi, yaitu :
1)     Perilaku Berbicara Agresif
Adalah cara berbicara yang bersifat konfrontasi, keras dan kasar. Si pembicara tidak tertarik akan apa yang dikatakan pendengar.
2)    Perilaku Berbicara Pasif
Adalah kebalikan dari agresif.
Si pembicara berusaha menyenangkan lawan bicara, cendernug berbicara halus karena khawatir melakukan kesalahan.
3)    Perilaku Berbicara Asertif
Adalah berbicara secara langsung, jujur dan berorientasi pada tujuan, menggunakan kemampuan mendengar aktif.
Perilaku ini cenderung membina sesuatu dalam hubungan positif jangka panjang, saling menghormati dan saling memuaskan kepentingan lawan bicara.


PERILAKU BERBICARA
PERILAKU NON VERBAL
PERILAKU VERBAL
AGRESIF
Berbicara keras dan cepat, menatap mata pembicara dengan sikap kasar.
“ Lakukan sesuai dengan perintah”
PASIF
Bicara pelan, terlihat gugup dan gelisah.
“Anu, ini hanya menurut saya lhoo…..”
ASERTIF
Santai, percaya diri dan cocok dengan orang lain.
“Menurut saya lebih baik begini. Bagaimana menurut anda …..?”


0 komentar:

Posting Komentar